Saturday 12 November 2016

Persiapan Sebelum Membuat Website

Semua hal butuh persiapan, termasuk membuat website. Saya akan merangkum langkah-langkah persiapannya menurut/versi saya. Sudut pandang yang saya pakai adalah sudut pandang sebuah/seorang developer website. Langsung saja.


 1. Inisialisasi 


Tahap paling awal adalah berdiskusi, menyampaikan pertanyaan ataupun pernyataan kepada klien sehingga kita dapat bayangan web seperti apa yang diinginkan.

Hal pertama adalah menanyakan pada klien kenapa ingin membuat website. Apakah memang perlu? Kenapa ini perlu ditanyakan? Toh yang penting kita dibayar, mau emang butuh atau ga itu urusan klien. Tentunya kita senang bila dibayar, tapi pasti akan lebih senang bila dibayar + hasil kerja kita berguna.

Kemudian selanjutnya:
Apa tujuan dibuat web ini?
Untuk promosi? Untuk perkenalan perusahaan? Personal branding? Jualan? Pusat Informasi?

Dari jawaban pertanyaan di atas, simpulkan jenis website.
Apakah company profile, portfolio, personal blog, e-commerce, dll.
Bila sudah jelas jenis websitenya, maka menu-menu ataupun fitur-fitur yang dibutuhkan relatif jelas. Maka selanjutnya.

Sarankan menu-menu dan fitur yang ada.
Selain itu tanyakan juga apakah ada fitur selain yang kita sarankan yang mereka inginkan. Atau apabila mereka sudah mengajukan sendiri menu dan fitur yang diinginkan maka kita dapat lihat dahulu apakah mungkin dibuat atau tidak.

Siapa sasaran pengunjungnya?
Bagaimana bentuk dan interaksi suatu web tentunya dipengaruhi oleh siapa sasaran pengunjungnya. Misalkan web tourism yang sasarannya adalah orang Jepang dan Indonesia, maka perlu ada fitur 2 bahasa. Misal sasaran pengunjung adalah orang-orang tua maka ukuran font harus cukup besar atau dapat dizoom, dll.

Apa tema yang ingin dipakai dalam desain?
Apakah mereka ingin suatu tema yang spesifik? Warna-warna apa saja yang ingin dipakai? Atau mereka menyerahkannya kepada kita?

Dapatkan data website
Kita perlu nformasi-informasi seperti:

  • Nama domain (kalau belum memutuskan bisa disusulkan, tapi sebaiknya sepakati nama sementara untuk kebutuhan desain).
  • Logo (sudah ada atau belum tentu berpengaruh pada waktu dan harga pembuatan).
  • Kontak seperti email, no.telepon, alamat, dan informasi kontak lain yang ingin ditampilkan.
  • Social media, bila diperlukan.
  • Bahan-bahan lain seperti visi misi, sejarah, struktur organisasi, sampel konten berita, dll. tergantung jenis web maupun konten apa yang ingin ditampilkan.

Perkiraan waktu : 1 - 3 hari.

Setelah semua atau paling tidak sebagian besar info dan data didapatkan, Langkah berikutnya adalah membuat mockup, yang akan saya bahas di post lain. Atau apabila ini masih belum tahap kesepakatan kerjasama, maka hal selanjutnya adalah membuat proposal kerjasama.

Jadi, seperti yang saya sampaikan di awal, ini adalah versi saya. Saya akan meriset tentang topik ini sehingga nantinya artikel ini bisa saja saya update lagi supaya lebih baik lagi.

Nantikan post lain dalam tema membuat website:

2. Membuat Mockup Website.
3. Membuat desain UI Website.
4. Membuat Front-end dan Back-end Website.
5. User guide (dokumen dan pendampingan)
6. Maintenance.