Thursday 7 August 2014

Membuat Akuntansi Mulai dari Nol (Accounting from Scratch)

Saya bertanya-tanya apakah pendidikan akuntansi universitas Indonesia sudah bisa menghasilkan lulusan yang mampu membuat akuntansi untuk satu perusahaan mulai dari awal sampai laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi. Ataukah akuntansi terlalu luas untuk bisa dikuasai dalam waktu 3-4 tahun?

Well, saya sendiri sudah belajar akuntansi mulai dari bangku SMP, SMA, dan bahkan sampai kuliah. Namun apa? Masih ada begitu banyak persoalan akuntansi yang sukses membingungkan saya. Hahaha. Dan ini melatarbelakangi saya untuk mencoba menyusun tulisan ini.

Rencananya, saya akan membuat rangkaian artikel yang memuat bagaimana akuntansi untuk sebuah perusahaan dibuat, sedetail-detailnya. Jadi artikel-artikel tersebut akan selalu saya update bila ada persoalan baru yang saya temui, atau ada kesalahan dalam kontennya. Here we go.



Menurut saya, tahapan dalam menyusun sistem akuntansi adalah sebagai berikut:
  1. Persiapan
  2. Digunakan dalam satu periode
  3. Penutupan
  4. Dibuka kembali
  5. Kemudian kembali ke poin 2 dan seterusnya.
Poin-poin tersebut akan dibahas dalam artikel yang terpisah-pisah.
Berikut ini akan menjadi daftar isi, bila belum ada linknya berarti belum saya buat :D

DAFTAR ISI